Tampilkan postingan dengan label Universitas Brawijaya. Tampilkan semua postingan

  Perjuangan Keterima di Unbraw, Oleh Ayu Marinda     Ayu Marinda - S1 THP Unbraw Hallo!!! Kenalin nama aku Ayu Marinda, di sini sebenarnya ...

  Perjuangan Keterima di Unbraw, Oleh Ayu Marinda    

S1 THP Unbraw - Ayu Marinda
Ayu Marinda - S1 THP Unbraw

Hallo!!! Kenalin nama aku Ayu Marinda, di sini sebenarnya aku mau cerita nih tentang pengalaman dari SMA sampe bisa keterima  PTN. Aku juga alumni SMAN 17 Bandung tahun 2016. Sekarang aku sedang menjadi mahasiswa di Universitas Brawijaya (UB), tepatnya di Jurusan Teknologi Hasil Perikanan (THP).

Aku masuk melalui jalur Seleksi Penerimaan Minat dan Kemampuan (SPMK). Mungkin perkenalannya cukup segitu aja yah kita mulai langsung ke ceritanya. Okeeee langsung aja yaaaa...

Awal Mula

Berawal dari SMA ini (aku masuk SMA 17 itu pilihan kedua), di kelas 10 aku langsung masuk jurusan IPA. Aku seneng banget bisa masuk IPA dari dulu emang maunya jurusan ini, karena aku ingin kuliah masuk kedokteran. kelas 10 yaa aku belajar sesuai alurr ajaaa, ngikutin pelajaran yaa begitu kemudian kenaikan kelas.

Kelas 11

Akhirnya aku di kelas 11 tepatnya kelas IPA 2, disini aku ngambil peminatan ekonomi. Kenapa aku ngambil ekonomi?? Karena, menurut aku sihh ilmu ekonomi itu bermanfaat banget untuk keuangan sehari-hari, untuk berbagai macam tentang kebutuhan ekonomi jugaaa, dan lainnya.

Di kelas 11 ini tuh katanya sihh masa-masa SMA yang paling indah, paling rame, paling segalanya lahhh. Itu ada benernya jugaaa tapi kata aku yaa yang paling rame itu di kelas 11 sama 12 sih hehe.

Kita omongin akademik aja yaaa. Mulai kelas 11 aku udah mulai ikut yang namannya bimbel (sebenernya aku gamau bimbel dulu karena masih pengen maen-maen terus sama temen tapi yaa disuruh sama ortu mau gimana lagi hehehe).

Semester 1 aku masih males belajar karena pikiran aku ”UN aja belum apalagi kuliah” *jangan ditiru yee!!. Akhirnya aku masuk di tahap semester 2, karena dulu semester 1 aku terlalu santai dengan akademik akhirnya di semester ini aku keteteran sama pelajaran-pelajaran.

Kemudian aku belajar teruss, bimbel selalu masuk, dari semester ini juga aku udah mulai nyari-nyari info tentang PTN yang aku inginkan. Disini kelas 11 aku masih bertekad ingin masuk kedokteran.

Tapi di satu titik aku tiba-tiba ingin masuk ITB jurusan SITH (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati), gatau kenapa pokoknya aku ingin banget sama jurusan ini. Sampai2 aku nyari semua informasi tentang jurusan SITH ini.

Memasuki Semester Akhir, Kelas 12

Lanjut, masuk di kelas 12 semester 1 . Di kelas 12 ini aku udah mulai giat-giat nya belajar, karena aku bercita-cita bisa masuk di Universitas Negeri Favorit.

Minimal yaa urutan ke 10 besar. Semester 1 ini aku sering banget nyari-nyari di google tentang PTN dan jurusan dengan akreditasi A, tentang pelajaran, terus juga bimbel. Akhirnya aku bisa masuk 10 besar lagi.

Next ke semester 2, ini adalah semester yang paling krusial kalo menurutku. Dimana semester ini menentukan kita bisa masuk PTN atau PTS bagaimana sesuai dengan cara belajar dan tekad kita.

Di semester ini aku juga sering mengikuti try out di dalem sekolah maupun diluar sekolah, terus mengikuti pemantapan, mengisi buku-buku UN, mengikuti bimbel juga, kerja kelompok, dll. Ohhiyaaa aku juga ikut grup2 line SBMPTN apapun ituu yang isinya tuh yahh tentang soal-soal gitulahhh.

Waktunya Tempur

Menjelang UN pun tiba, dan untuk pertama kalinya aku duduk tepat di depan meja pengawas :’) wkwk *rasanya tuhh yaa hemm. Okee setelah UN sudah berlangsung.

Ohiya sebelumnya aku udah daftar SNMPTN (pilihan 1 Ekonomi dan Studi Pembangunan-IPB, pilihan 2 Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan-IPB, pilihan 3 Teknologi Pangan-UNDIP) ohiya di kelas 12, aku mengubah keinginan aku dari SITH-ITB menjadi jurusan ekonomi-IPB, gatau kenapa sihh?

Mungkin aku ga yakin aja sama ITB udah pesimis duluan, secara ITB banyak peminatnya itu ga mudah banget :( hehehe.

Aku yakin banget nihh bisa masuk lewat jalur SNMPTN. Akhirnyaa tadaaaaaa gamasuk :’) okeee gapapa masih ada SBMPTN (sebenarnya siihh sedih yaa, ortu juga sedih tapi mau gimana lagi).

Karena aku gamasuk SNMPTN yaaa belajar lagii dehhh buat SBM. Menjelang SBMPTN yaudah aku ngerjain sebisanya (pilihan 1 Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan-IPB, pilihan 2 Perikanan-UNPAD, pilihan 3 Agroteknologi-UNPAD).

Selain ikut jalur SBMPTN aku juga ikut jalur UM UNDIP (pilihan 1 Kesehatan Masyarakat, pilihan 2 Peternakan) dan jalur Ujian Talenta Masuk (UTM) IPB (pilihan 1 Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan-IPB, pilihan 2 Ilmu Keluarga dan Konsumen, pilihan 3 Silvikultur) disini aku yakin banget pasti masuk (yakali dari 3 jalur yang aku ikutin gaada yang masuk sihh *pede tingkat dewa) dan secara berurutan tanggal 28 juni pengumuman hasil SBMPTN, tanggal 29 juni pengmuman UTM IPB, dan tanggal 1 juli pengumuman UM UNDIP.

Baca Juga: Cerita Ibnu Bisa Keterima di Universitas Diponegoro Semarang

Dari semua itu aku gaditerima :’) sumpah disini aku sedih banget udah gatau mau ngapain, udah pesimis banget. Apalagi aku ngeliat ortu yang berharap anaknya bisa masuk PTN tapi apa daya huhuhu. Disini aku malu banget, malu sama diri sendiri, ortu, tetangga, sama semuanya.

Apalagi kalau ortu keluar rumah pasti ditanyain sama tetangga”ayu masuk mana?” ortu aku gabisa jawab apa-apa yaa karena anaknya belum masuk mana-mana. Bener ya penyesalan pasti datengnya di akhir hemmm.

Akhirnya aku ga pernah keluar sama sekali dari rumah yaa karena malu itu ( dirumah aku belajar dari pagi sampai larut malem buat ngikutin jalur-jalur yang lainnya. Aku yakin aku pasti bisa masuk PTN yang lain bisa kenapa aku ga, ya kan? Iya.

Kado Terindah Bagi Dia Yang Selalu Semangat

Kemudian aku daftar jalur Selekasi Penerimaan Minat dan Kemampuan (SPMK) UB (pilihan 1 Teknik Lingkungan, pilihan 2 Teknologi Hasil Perikanan, pilihan 3 Peternakan) lalu jalur SMB POLBAN (aku lupa milih apa aja) terus UM UNSOED. SPMK UB berlangsung pada 19 juli *aku inget karena pas banget ultah aku hehe.

Selesai tes aku langsung pulang ke Bandung dan ternyata pengumumannya di majuin, aku takut banget kalau pas aku buka hasilnya sama kaya yang kemaren2, dannn tadddaaaa alhamdulillah akhirnya aku keterima di UB pilihan kedua yaitu Teknologi Hasil Perikanan.

Aku langsung meluk mamah sampe nangis gatau mau ngomong apa lagi, antara seneng, sedih, bahagia, campur aduk lahh. Mungkin ini hadiah ultah aku dari ALLAH :’) “perjuangan aku selama ini ga sia-sia”.

Akhirnya untuk pertama kalinya aku keluar rumah ga merasa malu lagi kayak dulu. Akibat aku udah keterima di UB dan udah lelah juga dengan soal-soal yang banyak aku gaikutan SMB POLBAN tapi UM UNSOED ikutan.

Aku ga nyangka juga sih bisa masuk Universitas bergengsi seperti Universitas Brawijaya dan masuk di Jurusan Teknologi Hasil Perikanan. Ohhiya pasti kalian masih rada asing kan sama UNBRAW gara2 yaa ada di Malang terus jauh lagi dari Bandung wkwk. Pesan dari aku sihh rajin-rajinlah belajar dengan giat dan selalu berdoa jika memang kamu ingin berhasil.

Usaha seseorang ga pernah menghianati hasil kok, kalau usaha kamu memang bener-bener dan tetep di jalan yang benar, insha allah apa yang kita inginkan pasti tercapai. Kegagalan terjadi bila kita menyerah.

Terakhir aku mau ngelampirin foto-foto ku selama kuliah awal-awal di Universitas Brawijaya. Semoga kalian yang baca ini juga bisa nyusul yah. Aaamiiin.

Ayu Marinda

S1 Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Brawijaya


Assalamualaikum Wr.Wb, Hai semuanya kenalin nama Aku safira di SMA aku lebih sering  dipanggil "ijah" bahkan sama guru-guru. Ak...



safira agroteknologi universitas brawijaya

Assalamualaikum Wr.Wb, Hai semuanya kenalin nama Aku safira di SMA aku lebih sering  dipanggil "ijah" bahkan sama guru-guru. Aku adalah alumni dari SMAN 17 Bandung angkatan 2017. Sekarang aku kuliah di Universitas Brawijaya tepatnya  Fakultas Pertanian, aku masuk UB itu tahun 2018 yang artinya aku ikut adik kelas.

Sebenernya aku udah kuliah ditahun 2017, waktu itu aku kuliah di Universitas Pertamina Program studi Teknik Lingkungan. Universitas Pertamina ini adalah universitas swasta baru (waktu aku masuk baru 2 angkatan sama aku) yang didirikan oleh Pertamina Foundation. 

Banyak yang bertanya kenapa aku pindah, alesan pertama dan yang paling utama yaitu karena orang tua aku – doi masih penasaran sama kenapa aku gamasuk PTN . Kedua, Aku sebenernya gasuka matematika dan fisika which is (asik) di Teknik Lingkungan itu harus mampu dan menguasai kedua hal itu, karena kalo enggak, ya matik lah awak. 


Mencoba Semua Test (Termasuk SNMPTN)


Oke skip ya, tahun 2017 itu aku udah coba semuaaaaaa tes masuk PTN (dan juga PTS), mulai dari SNMPTN pilihanku itu FSRD ITB, Manajemen Hutan IPB, Silvikultur IPB. Tinggi-tinggi banget emang gila pede nya kelewatan akutuh. 

Tapi aku suka, gimana dong? wkwk. Next gak keterima SNMPTN aku ya sedih mah iya pasti banget, karena yang awalnya aku “udah gausah berharap snm” –temen2 and also me. Lama-lama menjelang pengumuman snm aku jadi berharap besar, karena aku mager banget buat belajar SBMPTN lagi. 

Dan ternyata aku dapet kata maaf, yaudah dong dari situ aku belajar (setengah mati/hati?) buat SBMPTN, tapi aku gak sama sekali ikutan bimbel yang fokus un/sbm karena emang dari dulu aku gapernah dimasukin bimbel sama orang tua aku. 

Jadilah aku cuma ’belajar bareng Allan’ seorang teman sekelas yang mengikuti bimbel di inten dan menyebarkan ilmu yang memang sudah dimilikinya (dalam artian, emang cerdas bgt anaknyatuh) kepada teman sekelasnya.

Menjelang SBMPTN


Beruntungnya, teman sekelasku ini punya semangat belajar yang bisa dibilang tinggi. karena bahkan kami belajar bareng-bareng kalo ada waktu kosong atau sepulang sekolah buat SBMPTN ini. Menjelang SBMPTN aku udh kembali ke asal aku, yaitu Tangerang. 

Artinya aku cmn bisa belajar ‘sendiri’ dengan buku sakti SBMPTN yang dibeli di gramed. Di SBMPTN aku milih IPB lagi dengan jurusan yang sama. Sebenernya aku pengen banget masuk seni, cuman karena seni itu soshum dan aku ini males banget buat belajar soshum lagi apalagi ipc (saintek aja pusing, gimana ipc?) jadilah aku milih yang sangat saintifik, dan kebetulan aku juga suka sesuatu yang berhubungan dengan lingkungan.

SBMPTN lagi-lagi kata maaf yang keluar, okesip. Sedih banget dong pasti? Iyalah gils. Tapi yaudah, aku beruntung dan bersyukur aku masih dikasih kesempatan buat ikutan tes mandiri mulai dari tes mandirinya IPB (lagi-lagi IPB), Undip, UNS dan tes swastanya tuh aku coba Telkom sama Pertamina. Dari ketiga UM PTN yang aku ikutin itu.




Alhamdulillah gak ada juga yang keterima. Sampai akhirnya Pertamina mau terima aku masuk ke Teknik Lingkungan, dan juga Telkom Desain Interior. Aku akhirnya milih Teknik Lingkungan, karena manfaat yang akan aku berikan .

Sekilas Tentang Jurusan Agroteknologi


Seperti namanya di jurusan ini kamu bakal belajar tentang teknologi dalam produksi hasil pertanian. Mulai dari cara mengelola tanaman, lahan, ekosistem dan juga bagaimana caranya mengatasi hama juga.

Selain itu, kamu juga akan mempelajari tentang berbagai permasalahan yang berkaitan dengan pertanian, pembenihan, dan juga perkebunan. Apalagi di industri 4.0 seperti saat ini pasti teknologi yang akan kamu pelajari bakalan semakin mutakhir.

So, kamu juga bisa buat kamu yang punya pertanyaan tentang jurusan ini bisa tanya-tanya ke Teh Safira melalui comment section, atau juga bisa ke ig nya di @sfrnrlizh