Tampilkan postingan dengan label Karir. Tampilkan semua postingan

Meningkatnya angka pengangguran di Indonesia tentu sangat berkaitan dengan kasus covid-19 yang baru-baru ini terjadi. Akibatnya banyak perus...

tips mencari dan mempersiapkan lamaran pekerjaan

Meningkatnya angka pengangguran di Indonesia tentu sangat berkaitan dengan kasus covid-19 yang baru-baru ini terjadi. Akibatnya banyak perusahaan yang memutuskan untuk merumahkan para karyawan atau bahkan memotong gaji mereka dengan alasan berkurangnya pendapatan perusahaan.


Jika kita berkaca ke belakang sebenarnya jumlah pengangguran di tahun 2020 itu cukup tinggi. Tapi, dengan adanya beberapa kebijakan dalam pemulihan ekonomi membuat dibukanya kembali beberapa lowongan pekerjaan.


Beberapa lowongan pekerjaan tersebut mulai dari perusahaan startup hingga perusahaan establishment. Data terbaru yang berhasil dihimpun oleh Badan Pusat Statistik (BPS) per-februari 2021 jumlah angkatan kerja di Indonesia meningkat yaitu sebanyak 139,81 juta orang.


Sementara itu, sejalan juga dengan kenaikan angkatan kerja, Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja (TPAK) juga ikut meningkat sebanyak 0,31 persen. Nah, kabar ini tentu cukup menggembirakan buat kita-kita yang memang baru banget lulus dari sekolah atau perguruan tinggi.


Nggak cuma itu doang, di tahun ini juga Seleksi CPNS juga dibuka di beberapa kementerian. So, buat kamu yang saat ini lagi nyiapin buat nyari pekerjaan atau bahkan ada yang udah mulai ngelamar pekerjaan berikut tipsnya buat kamu.

Baca Juga: Cerita Perjuangan Ade Jalaludin Lolos Teknis Mesin Polban


Mencari Lowongan Pekerjaan


mencari lowongan kerja


  

Buat kalian yang pengen nyari lowongan pekerjaan sebenarnya cukup mudah. Asalkan ada kemauan sama kemampuan buat ngelamar pekerjaan yang sedang dicari. 


Kamu bisa mulai mencari dari beberapa sosial media perusahaan terkait (misalnya seperti linkedin) atau juga bisa nyari langsung di website perusahaannya, bahkan bisa juga nanya ke temen atau kenalan yang lagi kerja juga bisa.


Ya, kadang-kadang mereka itu suka dapet lowongan pekerjaan. Tapi, karena memang udah kerja jadi nggak mereka ambil.


Sebagai gambaran misalnya kamu pengen bekerja disebuah perusahaan startup misalnya Traveloka. Nah, di sini kamu tinggal langsung aja masuk ke website perusahaan dan langsung cari dibagian karir/career.


Biasanya kalo misal si perusahaannya lagi buka lowongan kerja suka ada kok. Baru abis itu bisa disesuaikan sama keahlian dan juga keinginan kamu sobat fst.


Baca Juga: Ngga Pede sama Hasil Seleksi Kamu? Coba Baca Tips Berikut


Kalo Misal Belum Punya Pengalaman Gimana?


Nah ini dia yang memang sering banget ditanyain sama beberapa sobat fst. “kalo misal belum punya pengalaman gimana, ya?”.


Untuk menjawab itu kembali lagi ke setiap orang masing-masing. Cuma buat kalian yang memang ingin mencari pengalaman bisa juga untuk awal-awal mencoba mencari bagian Management Trainee.


Biasanya memang beberapa perusahaan sedang membuka lowongan tersebut dan mencari kandidat yang memang memiliki cukup banyak potensi. Kalau misal itu kamu, kan cocok banget dong!


Ngga cuma itu, kamu juga bisa nyoba dengan mulai magang di perusahaan atau pun bisa juga ikutan bootcamp-bootcamp yang biasanya suka diadain sama perusahaan e-learning.

Jangan Lupa Update Curriculum Vitae Kamu

mempersiapkan daftar riwayat hidup

Ketika kamu berhasil mendapat suatu pencapaian tertentu (ga harus dari lomba juga kok) ataupun udah punya pengalaman bekerja disebuah perusahaan ngga ada salahnya buat update di beberapa platform (misalnya linkedin).


Dengan demikian kamu akan terlihat memiliki perkembangan dan juga memiliki aktivitas bahkan pada saat menganggur setelah lulus.

Kamu juga bisa meminta beberapa teman kamu yang udah bekerja atau lulus untuk mengecek apakah curriculum vitae yang sudah kamu buat itu sudah tepat atau masih terdapat kekurangan.

Baru deh abis itu bisa mulai mencoba sebanyak mungkin. Selamat mencoba ya, dan semoga berhasil.