Assalamualaikum , hallo perkenalkan nama saya Sartika Mahardika. Saya orang bandung rumah di kopo gajauh dari sekolah sman 17 ko. Cita-cita ...

Sartika Mahardika - S1 Psikologi Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

sartika-psikologi-universitas-islam-negeri-sunan-gunung-djati



Assalamualaikum , hallo perkenalkan nama saya Sartika Mahardika. Saya orang bandung rumah di kopo gajauh dari sekolah sman 17 ko. Cita-cita saya sih pengen jadi gubernur dan pasti orang sukses. Hobi saya menyanyi dan membaca. Okey langsung saya ceritakan saja sekarang saya kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung (UIN) jurusan Psikologi fakultas Psikologi. Saya pun ga tahu kenapa bisa kuliah di UIN ini. 

Okey waktu saya kelas 1 sma saya masih belum mikirin mau kuliah dimana atau daftar kemana, saya dibilang siswa berprestasi tidak, mungkin yang lain banyak yang lebih berprestasi. Tapi alhamdulillah kelas 1 saya selalu masuk rangking kalo ga salah sem1 masih 10 besar tetapi sem 2 sudah 5 besar. Saya kalo dibilang rajin ya rajin orangnya, disipli, ga pernah melanggar peraturan yang dibuat, ga pernah telat.  Pelajaran yang saya tidak sukai waktu klas 1 yaitu mtk karna tau sendiri lah ya pelajaraannya sulit.

Oh iya saya jurusan IPA tapi kuliah lintas minat hehe nanti saya jelaskan kenapa bisa begitu. Balik lagi saat saya kelas 1 cuman ikut les mtk di guru sya sendiri alhasil nilai saya lumayan bagus lah padahal saya gasuka pelajaran itu. Next naik ke kelas 2 dimana ini emang seneng banget yang kelas 1 masih culun culun, pemalu, saat kelas 2 udah ga gitu lagi. Saya kelas 2 alhamdulillah dapat rangking 5 atau ga 3 besar kalo ga salah, pelajaran yang saya sukai yaitu kimia entah mengapa saat saya dikasih soal tentang kimia saya langsung mengerti. 

Mulai-lah di kelas 2 ini saya memikirkan kuliah mau kemana saya dan teman teman saya suka ke BK konsutasi, karana kata guru BK kalo pilih jurusan sesuai dengan yang kita sukai yaps saya menemukan akan masuk kimia saja kalo saya mendaptar snmptn dan sbmpt. Tapi setelah saya pikir-pikir apa cita –cita saya alhasil saya pun ingin masuk kedinasan awalnya saya niat masuk STPDN atau IPDN lah tetapi orang tua saya tidak mengijinkan karena disana fisiknya dilatih kuat mereka khawatir. Setelah itu saya melihat kaka saya masuk kedinasan STAN saya pun tertarik ingin masuk STAN. 

Dari sana saya mencari info bahkan teman-teman saya tidak tahu STAN itu apa dulu. Saya ikuti TO yang diadakan langsung oleh STAN. Dan tak lupa saya pun memikirkan UN kelas 3 gimana, saya les juga di salah satu bimbel ternama yaitu neutron. Saya memang senang banyak kegiatan tapi saya tidak aktif dalam eskul. Selanjutnya saya kelas 3 rasanya ini puncak sekolah terame dan terpusing , rame dengan teman-teman bisa main, udah gada kaka kelas lagi. 

Pusingnya saya harus memikirkan masa depan saya mau kemana. Dengan saya ikut les sana sini, dibilang cape ya cape tetapi usaha takan menghianati hasil galuput dengan berdoa dan tawakal pada Allah SWT. Kelas 3 emang udah jarang main banget, sibuk sangat sibuk TO diman-mana, Pemantapan juga. Snmptn semakin dekat dan saya bingung harus kemana, saya mencari info mengenai jurusan yang saya inginkan beserta Universitasnya. 

Saya sekarang konsultasi di tempat les saya dan saya disarankan masuk Universitas yang alumni saya banyak disana. Karna saya nekad dan pengennya Unpad saya daftar lah snmptn saya di unpad dan upi jurusan kimia dua duanya. Alhasil saya gagal snmptn. Jujur saja kenapa saya ga mikirin jauh jauh hari mau kuliah dimana dan jurusan apa? Ya karna jawabannya saya tidak mau kuliah dan tidak mau kerja dulu juga, saya sesuai cita cita saya mau masuk kedinasan dan dihati srek banget pengen STAN karna apa? Kedinasan itu udah lulus langsung kerja ditempatin dan pendidikannya dapet uang saku, gatertarik gimana kan. 

Beda dengan kuliah yang emang abisin uang dan kita harus mandiri. Aku sih tipe orang yang pengenya banyak instan hahaahaa.  Setelah snmptn yang saya ganiat itu dan saya gamau ikutan sbmptn karna soalnya susah minta ampun. Pikiran saya kalo saya gaketerima STAN saya ngulang tahun depan untuk ikutan lagi. Tetapi orang tua saya menentang pemikiran saya karna waktu tuh harus digunakan dengan baik jangan dibuang begitu saja, saya harus mencoba sbmptn. Okey sebelum sbmptn saya mendaftar STAN saya mengikuti semua persyaratannya, saya latihan fisik tiap 1 minggu 2 kali, saya latihan soal2nya juga dari buku dan to. 

Saya dites dah hasilnya? Gagal juga. Sebelum stan saya daftar juga pmdk polban saya lintas minat disitu, hasilnya apa? Saya gagal kembali. Sudah 3 kali saya gagal saya udah bingung harus gimana saya berdoa sama Allah yang penting saya masuk negeri. Okey saya konsul dengan ortu dia bilang saya ikutan saja sbmptn karna siapa tau aja lolos , saya udh males ikutan sbmptn tapi ya mau gimana lagi saya akhirnya belajar hanya 1 bulan itupun gafull , saya belajar dari buku bekas2 dan youtube saja. Karna belajar tak perlu mahal asalkan ada keinginan. Saya mikir 1 bulan eman bisa? Ya wallahualam kan. 

Saya bingung daftar mana udah mau univ unpad ga dibolehin sama ortu dia ingin aku daftar UIN karna disana belajarnya untuk akhirat dan dunia. Okey saya sbmptn mendaftar ke Upi dan Uin jurusannya apa? Saya jurusan kimia,ilmu komunikasi, dan psikologi. Saya niat banget ngambil IPC udah belajarnya ga maksimal kan, tapi saat saya mau tes saya ikhtiar dan tawakal. Setelah saya menunggu lama hasilnya , ternyata alhamdulillah saya keterima di UIN jurusan Psikologi, ini emang bukan kemauan saya tapi ortu saya dan saya yakin ini jalan Allah. Saya sangat bersyukur Allah mengabulkan doa saya. 

Nah kesimpulannya jangan berkecil hati jika anda malas maka takan ada hasilnya, tetapi jika usaha dan berdoa insyallah akan ada hasilnya, jangan takut kegagalan dan tetap berfikir positif jika gagal Allah punya rencana lain, dan satu lagi orang pintar kalo ga beruntung tetap saja gagal jadi lebih baik menjadi orang pintar yang beruntung dan ingat doa dari kedua orang tua sangat penting , terimakasih 

SEMANGATT Wassalamualaikum !!!!

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Kaa ceritain selama kuliah disana gimana aja kaa?

    BalasHapus
  3. Kak daftar uin ke jurusan soshum juga harus lewat IPC ya???
    Saya nggak banyak tau ttg jalur masuk uin. Tolong pencerahannya kak ☺

    BalasHapus
  4. Ka info detil tentang jurusan psikolodi di sana dong ka

    BalasHapus