Hallo! Perkenalkan nama saya Indah Meilania, tinggal di Bandung, kuliah di Bandung. Saya merupakan alumni SMAN 17 Bandung angkatan 2016. Saa...

Indah Meilania - S1 Pendidikan Teknik Elektro, Universitas Pendidikan Indonesia.



Hallo! Perkenalkan nama saya Indah Meilania, tinggal di Bandung, kuliah di Bandung. Saya merupakan alumni SMAN 17 Bandung angkatan 2016. Saat ini saya sedang kuliah di UPI, Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Dalam tulisan kali ini, saya akan menceritakan bagaimana saya bisa masuk UPI dan mengapa memilih prodi tersebut.

Sedikit Flashback di Kelas 10

Tahun 2013, saya lulus dari SMPN 25 Bandung dan melanjutkan ke SMAN 17 Bandung. Tahun pertama saya masuk SMA, ada isu bahwa penjurusan (IPA dan IPS) akan dimulai sejak kelas X. Dan benar saja, setelah dibagi kelas saya masuk ke peminatan MIPA dan menempati kelas X MIPA 1. 

Saat kelas X, saya akui saya belum begitu rajin dalam belajar, tapi entahlah saya bisa menembus peringkat yang cukup tinggi. Saat akan naik ke kelas XI, siswa diminta untuk memilih lintas minat yang pada saat kelas X dipelajari dua-duanya, kelas XI harus memilih salah satu. Antara geografi dan ekonomi. 

Karena saya menyukai pelajaran geografi dan sempat berkeinginan meneruskan kuliah di jurusan yang berhubungan dengan geografi, saya memilih lintas minat geografi dan menempati kelas XI MIPA 5. Saat kelas XI, saya menyadari bahwa saya harus meningkatkan belajar saya. 

Jurusan Astronomi?

Saya sempat berpikir untuk masuk kuliah jurusan Astronomi di ITB karena hanya ITB satu-satunya yang ada jurusan Astronomi. Selain itu saya ingin masuk jurusan Geofisika, karena saya (sedikit) menyukai pelajaran fisika. Naik kelas XII, saya merasa saya lebih rajin daripada kelas X dan XI.

Semester pertama, saya mulai berpikir jika saya ingin mengambil jurusan Astronomi prospek kerjanya sedikit susah. Jadi saya berkeinginan untuk mengambil jurusan seperti Geofisika, Geologi, Geodesi dan teman-temannya. Awal semester 2, hati saya mulai berubah. Entah mengapa saya ingin mengambil jurusan Teknik Elektro, saya berpikir lulusan dari jurusan tersebut banyak dicari karena teknologi semakin tahun semakin maju. 

Saya mencari review-review di google juga cukup membuat saya memantapkan pilihan. Pada saat saya mencari informasi tentang Teknik Elektro UNPAD, ternyata prodi tersebut baru dibuka tahun 2015, berarti baru terdapat satu angkatan dan akreditasinya belum ada. SNMPTN 2016 memiliki aturan baru yaitu hanya 75% siswa yang bisa mengikuti SNMPTN. 

Memilih UPI

Dan alhamdulillah saya satu diantara 75% tersebut. Pada saat pengisian SNMPTN, saya memilih UPI dipilihan pertama, mengapa? Karena (biasanya) Universitas manapun tidak ingin dinomor duakan. Dan saya lebih realistis karena biasanya banyak alumni SMAN 17 yang diterima di UPI daripada UNPAD. Jurusan pilihan pertama saya tetap Teknik Elektro UPI. 

Pilihan kedua saya bingung, saya mencari review tentang jurusan Teknik Sipil, ternyata banyak yang bilang kalo perempuan itu lulusan untuk kerja lapangannya kurang dibutuhkan (katanya). Jadi setelah saya menimbang-nimbang akhirnya saya memutuskan untuk memilih prodi Pend. Teknik Elektro untuk pilihan kedua. 

Mengapa saya mengambil itu, karena saya pikir jika Pendidikan pun kita samasama mempelajari Elektro. Selain jadi guru kita juga bisa menjadi teknisi. Pada saat pengumuman SNMPTN, saya membukanya dengan teman-teman kelas. 

Akibat server down, jadi hanya menggunakan satu laptop. Teman-teman saya sudah membukanya dan tidak ada yang keterima. Tinggal saya seorang yang belum membukanya. Dan pada saat membukanya, saya diterima di UPI jurusan Pend. Teknik Elektro. 

Pada saat akan daftar ulang, saya baru mengetahui bahwa di prodi terawbut terdapat alumni 17 angkatan 2015. Jadi salah satu penilaian dalam SNMPTN, yaitu melihat rekam jejak alumni dari sekolah tersebut. Alumni dari sekolah tersebut baik atau bermasalah. 

Jika bermasalah biasanya tidak akan mengambil dari sekolah itu lagi sebaliknya jika baik, maka tahun selanjutnya akan ditambah. Benar saja, tahun 2015 satu orang, angkatan saya dua orang. Mungkin angkatan 2017 bisa 3-4 orang.

Review: Jurusan Teknik Elektro

Sedikit mereview jurusan saya, jika kalian ingin mengambil jurusan Elektro baik pendidikan maupun murni. Semester pertama kalian akan belajar dasar-dasar, seperti Matematika Dasar, Dasar Teknik Elektro, Dasar Komputer dan Pemrograman, Fisika I, yang paling ekstrem sih Gambar Teknik Elektro karena kalian akan mengerjakan tugas dengan deadline sebentar dan siap-siap kantung mata menghitam hahaha. 

Tapi jangan khawatir, untuk kalian yang memang menyukai hal-hal dibidang teknologi, jurusan ini memang sangat cocok. Di DPTE (Departemen Pendidikan Teknik Elektro) UPI, terdapat 3 program studi yaitu Pendidikan Teknik Elektro S1, Teknik Elektro S1, dam D3 Teknik Elektro. Untuk D3, hanya jalur PMDK dan SM (Seleksi Mandiri). PMDK biasanya berbarengan dengan daftar SNMPTN. Kalo SM, setelah pengumuman SBMPTN.

So, saya tunggu kalian di DPTE FPTK UPI!!!


Bersama dengan teman waktu MABA.

Foto pada saat pelepasan SMA.

5 komentar:

  1. Kampus nya klo yg prodi Elektro murni dimana yaa?

    BalasHapus
  2. Peluang kerjanya gimana kak?
    Dan kerjanya nanti dimana?

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah saya keterima sbmptn pend. Vokasional Teknik elektro di universitas sultan agung tirtayasa, yang saya ingin tanyakan, apakah gelar jurusan tsb S.pd? dan apakah dijurusan tsb kita bisa memilih gelar/pembelajaran seperti teknik elektro murni karna saya lbh tertarik ke industri/ sbg teknisi.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Izin jawab, untuk gelar memang S.Pd dikarenakan jurusannya Pendidikan. Untuk pembelajaran memang di PTE sendiri ada 2 yakni pendidikan dan teknik elektronya, namun tidak menutup kemungkinan untuk mendalami elektro murninya jika memang ingin terjun ke dunia industri

      Hapus
  4. Izin bertanya kak prospek kerja PTE itu bagaimana ya kak

    BalasHapus